Tuesday, October 27, 2015

PULAU LIUKANG LOE (Desa Bira, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan)



Kututup wajahku dengan dengan pinggiran hammock karena cahaya matahari pagi terasa begitu menyilaukan. Yah, aku sudah bangun dan masih menyatukan seluruh nyawaku yang bertebaran di mana-mana selama aku tidur. Dengan gaya malas aku menurunkan kakiku dan meraba-raba tanah mencari sandal jepit yang seharusnya ada dibawah hammockku. Sejenak aku berdoa, bersyukur sama Tuhan karena sudah dikasih mimpi yang indah, pagi yang penuh warna, pikiran yang masih waras, dan badan yang siap bertualang lagi. Ya ya ya … pagi ini kita mau kemana?

Pagi ini kita ke Pulau Liukang Loe. Pulau apa itu? Pulau ini terletak tidak jauh dari Tanjung Bira. Karena merupakan sebuah pulau maka untuk ke sana kita harus naik perahu. Anda tidak dianjurkan menggunakan mobil atau pesawat terbang. Tarif ke sana lumayan mahal, Rp. 250 -300 ribu per perahu (1 perahu bisa diisi maksimal 10 orang).

Menurutku keindahan pulau ini tidak terletak di atas pulau. Kumpulan terumbu karang dan ikan-ikan yang bermain di dalam air (pastilah air, masa playgroup)  lebih menarik perhatianku dibanding deretan tebing-tebing pulau Liukang Loe yang pada umumnya hampir terdapat di sepanjang kaki Sulawesi. Sayangnya semakin lama, semakin rusak pula habitat terumbu karang di sini karena ke-“tidaksengajaan” warga sekitar dan pendatang ke sini tak sadar telah merusak terumbu karang dan mengusir hewan-hewan laut kecil, manis, dan imut-imut dari habitatnya.


Dan inilah foto-foto keindahan Pulau Liukang Loe :


















And this is me, the author and the photographer:











I sincerely appreciate your taking time to provide your comments and feedback (by clicking on reactions or rate it). Jangan lupa, join this site. Thanks.

----------------------------------------------------------------------------------

Thanx to:

Canon 60D-ku.
Post a Comment